Sabtu, 08 September 2007

Tim Olimpiade Komputer Indonesia Empat Medali Perunggu di HUT RI Ke-62

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2007, Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) berjuang meraih prestasi pada ajang IOI (International Olympiad in Informatics) ke-19 di Zagreb, Kroasia. Meski soal yang diberikan terbilang cukup sulit, mereka berusaha mengerjakan seluruh soal dengan baik. Hasil perolehan empat medali perunggu yang dipersembahkan TOKI bisa jadi, hadiah di HUT Indonesia yang ke-62.
Kamis (23/08), TOKI tiba di bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pukul 18.00 WIB menggunakan pesawat Lufthansa dengan nomer penerbangan LH 877. Kedatangan para ahli informatika itu disambut oleh Kepala Seksi Bakat dan Prestasi Siswa Suharlan, SH dan beberapan wartawan media cetak maupun elektronik.
Empat medali perunggu untuk Indonesia dipersembahkan oleh Brian Marshal (SMA BPK Penabur Bandung), Riza Oktavian Nugraha Suminto (SMA Taruna Nusantara Magelang), Ricky Jeremiah (SMA Kanisius Jakarta), dan Karol Danutama (SMA Kanisius Jakarta).
Dari dua hari kompetisi yang dilakukan, keempat siswa Indonesia memperoleh nilai yang cukup merata, yaitu: Brian Marshal (230), Riza Oktavian Nugraha Suminto (208), Ricky Jeremiah (205) dan Karol Danutama (203). Perolehan nilai mereka pada awalnya membuat pesimis seluruh anggota tim. “Kami tidak berharap banyak dapat memperoleh medali. Saat upacara penutupan dan pembacaan pemenang, kami dibuat terkejut ketika nama Karol yang memperoleh nilai terendah diantara tim dipanggil ke panggung untuk menerima medali perunggu. Serentak kami bersorak dan bersyukur, dan yakin ketiga siswa Indonesia lainnya bakal meraih medali.” Ujar Suryana Setiawan, selaku Leader Team.
Suryana juga mengatakan, hasil ini memang sangat mengejutkan. Mengingat soal-soal yang diberikan dalam dua hari pelaksanaan lomba memang cukup sulit. Ternyata hal yang sama juga dirasakan oleh negara lain, sehingga perolehan nilai rata-rata seluruh peserta tahun ini cenderung menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Prestasi siswa Indonesia masih jauh lebih baik dari prestasi siswa-siswa beberapa negara maju seperti Inggris, Belanda, Canada, juga Denmark. Dalam klasemen umum, tim Indonesia bertengger di posisi ke 35 dari 80 negara. Berdasarkan urutan peserta, Brian Marshal berada di peringkat ke 116 dari 285 peserta. Nilai tertinggi diraih oleh Tomasz Kulczyaski, siswa asal Polandia dengan skor 574. Sedangkan juara umum diraih oleh tim yang dijuluki macan olimpiade, yaitu China dengan empat medali emas.
Hasil kali ini adalah pertama kalinya TOKI meraih empat medali sekaligus. Meskipun belum meraih emas, hasil maksimal yang telah dicapai oleh TOKI merupakan pencapaian yang patut diberi penghargaan.

Tidak ada komentar: